Tags:
create new tag
, view all tags
Mail  
Phone  
Mobile  
Skype  

Penyebab Hipertensi

Info:
Title:
Department:
Organization:
URL: https://mari-bahagia.blogspot.com/2018/08/5-hal-penyebab-hipertensi.html
Location:
Region:
Country: Indonesia
Watchlist Changes of Penyebab:
%WATCHLIST{ "showchanges" wikiname="PenyebabHipertensi" format="$percntICON{viewtopic}$percnt $percntSPACEOUT{$topic}$percnt" empty="$percntICON{info}$percnt None (empty watchlist)" separator="
$n" limit="16" }%
Arrow right %WATCHLIST{ "showwatchlistlink" wikiname="PenyebabHipertensi" format="Watchlist details" }%
Tag Cloud of Penyebab:
Note: PenyebabHipertensi hasn't yet added any tags.

Mengenal Lebih Dekat Tentang 4 Hal yang Menyebabkan Hipertensi



Hipertensi terjadi manakala aliran darah yang melewati arteri jantung cukup tinggi atau sangat banyak sehingga menyebabkan tekanan darah naik. Kondisi seperti ini tentunya mengancam kesehatan jantung, sehingga perlu penanganan yang tepat agar tidak memicu serangan jantung. Hipertensi sendiri memang dikaitkan dengan jantung sebab sejatinya memang demikian, bahkan banyak penderita penyakit jantung awalnya menderita hipertensi terlebih dahulu. Agar tidak meluas maka penderita hipertensi dianjurkan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Rutin memeriksa tekanan darah menjadi cara terbaik untuk melakukan kontrol terhadap gaya hidup terutama dari pola makan. Manakala mengalami indikasi hipertensi, misal tekanan darah sudah di atas 130, maka cobalah untuk memperbaiki pola makan Anda. Apabila sering jajan di luar rumah sekarang cobalah menyantap masakan sendiri dan memperbanyak buah serta sayuran. Apabila selama ini jarang berolahraga maka mulailah rutin melakukannya, bisa dimulai dengan jalan kaki secara teratur.

Penyebab dari Hipertensi



Saat hipertensi menyerang maka penderitanya akan merasakan banyak gejala atau kondisi abnormal, diantaranya adalah:

  • Sering sakit kepala mulai pusing ringan sampai vertigo
  • Kualitas penglihatan mengalami penurunan
  • Denyut jantung terasa dan terdengar tidak beraturan
  • Merasakan nyeri di dada, dan,
  • Sering merasa kelelahan.
Gejala di atas merupakan gejala umum yang dialami penderita hipertensi dan jika semakin sering dirasakan maka bantuan medis sangat diperlukan. Biasanya hipertensi terkesan datang tiba-tiba, namun tetap memiliki faktor pemicu atau penyebab. Seperti:

1. Obesitas


Orang yang gemuk membuat tubuhnya dipenuhi oleh lemak dan lemak ini akan menekan jantung serta pembuluh darah. Penyumbatan pada pembuluh darah inilah yang membuat jantung perlu bekerja keras untuk memompa darah dan akhirnya terjadi peningkatan tekanan darah. Maka penting sekali bagi siapa saja yang mengalami obesitas untuk belajar diet supaya berat badan kembali normal, sehingga memperkecil resiko menderita hipertensi dan jenis penyakit berbahaya lainnya.

2. Sering mengkonsumsi garam berlebihan


Kebiasaan makan seseorang juga bisa mengundang berbagai jenis penyakit mematikan dan salah satunya hipertensi. Hipertensi ini juga kerap mengancam mereka yang keseringan makan garam, bisa lewat masakan rumah ataupun camilan yang dikonsumsi sehari-hari. Makan makanan yang asin karena tinggi garam bisa meningkatkan asupan natrium di dalam tubuh dan efeknya membuat darah lebih kental. Apabila terus-menerus terjadi maka tekanan darah akan naik dan berubah menjadi hipertensi yang tentu tidak bisa disembuhkan sampai tuntas.

3. Riwayat keluarga


Tidak dapat dipungkiri jika masalah genetik memang menjadi faktor pemicu untuk kasus hipertensi. Menariknya nyaris semua orang yang keluarganya terdapat penderita hipertensi atau mungkin penyakit jantung lainnya. Maka besar kemungkinan akan menderita penyakit yang sama, jadi untuk pemilik riwayat keluarga dengan hipertensi. Sangat dianjurkan sekali memperbaiki gaya hidupnya sedini mungkin karena berawal dari gaya hidup sehat pencegahan hipertensi bisa dilakukan secara maksimal. Oleh sebab itu cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat.

4. Faktor usia

Perlu diketahui jika hipertensi ini juga kerap dijumpai dipicu oleh faktor alami yakni masalah usia yang tentu dijamin terus bertambah. Memasuki usia di atas 50 tahun resiko mengalami hipertensi menjadi sangat tinggi. Hal ini bisa terjadi dikarenakan banyak sebab, namun yang pasti semakin tua usia seseorang kesehatan jantungnya semakin menurun. Peredaran darah pun terganggu dan sering mengalami hipertensi, kemungkinan ini bisa ditekan salah satunya dengan menjalankan gaya hidup sehat.

UserForm
First Name Penyebab
Last Name Hipertensi
Titles

Email

Telephone

Mobile

Skype ID

Department

Organization

URL https://mari-bahagia.blogspot.com/2018/08/5-hal-penyebab-hipertensi.html
Location

Region

Country Indonesia
Status Update

Topic revision: r2 - 2018-09-05 - PenyebabHipertensi
 
This site is powered by the TWiki collaboration platform Powered by PerlCopyright © 2008-2018 by the contributing authors. All material on this collaboration platform is the property of the contributing authors.
Ideas, requests, problems regarding TWiki? Send feedback